Menu
Dapatkan harga khusus jika anda tergabung menjadi marketing freelance di Rajaweb.Net

Membuat WEBSITE dengan NOTEPAD ternyata Mudah…

Okt
06
2016
by : mywebking. Posted in : Artikel

notepad-free-cara-membuat-website-dengan-notepad-share-by-rajawebdotnet-jasa-pembuatan-website-di-tangerang-raya

Membuat website dengan notepad memang cukup memakan waktu. Namun pada dasarnya jika kita akan membuat program tentunya harus mengerti bahasa dasarnya dahulu. Notepad adalah dasar untuk membuat halaman website. Setelah anda menguasahi HTML atau PHP menggunakan Notepad ini akan membuat anda akan lebih teliti dan tahan banting jika nantinya anda bekerja sebagai programming.

Berikut adalah ulasan dari sebuah blog yang membahas tentang notepad

 
 

Mari belajar HTML.
Jika anda baru terjun di dunia maya alias pemula (newbie) dan tertarik ingin belajar HTML untuk membuat website sendiri maka anda tidak salah datang ke blog ini, karena disini anda akan mendapatkan tutorial, tips, triks dan artikel-artikel tentang bagaimana cara belajar HTML untuk membuat website.
Di Internet sebenarnya kita bisa saja mendapatkan banyak template baik yang gratis maupun yang berbayar, namun kadang tidak sesuai dengan keinginan (selera) kita. Maka kita harus meng-edit dan melakukan perubahan-perubahan. Di dalam mengedit dan melakukan perubahan inilah kita harus mengerti dan memahami bahasa HTML.
Di blog ini anda akan mendapatkan tutorial belajar HTML yang disertai dengan contoh-contoh mulai dari dasar, sehingga akan mudah dipahami dan sangat cocok bagi anda yang masih pemula. Dan bagi anda yang mengedit atau membuat suatu halaman web bisa melangkah ke halaman-halaman berikutnya sesuai dengan topik yang anda inginkan.
Untuk belajar anda dapat menggunakan program HTML seperti Ms FrontPage, Dreamweaver atau Text Editor (Notepad), sesuai dengan selera anda masing-masing. Namun untuk tutorial ini akan diajarkan dengan menggunakan teks editor yang simpel yaitu Notepad, jika anda ingin teks editor yang lebih interaktif anda bisa menggunakan Notepad++.
Dalam belajar sebaiknya anda langsung praktek di program HTML anda, sehingga akan lebih mudah untuk dipahami, anda ketik atau copy/paste contoh-contoh HTML-nya di program HTML anda dan preview di browser untuk melihat hasilnya.
Saya sangat berterimakasih jika anda bersedia memberikan kritik, saran maupun komentar atas kekurangan, error, broken links dan lainnya, masukan dari anda sangat membantu untuk perbaikan tutorial maupun blog ini.
Akhir kata saya mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungan anda dan selamat belajar.

Pengenalan HTML

 

Pengertian singkat tentang HTML
HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio-video.
Sedangkan Web browser adalah sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.
HTML mempunyai file perluasan (extention) htm atau html. Dimana kedua perluasan tersebut adalah sama, jadi anda boleh menyimpan file dokumen HTML dengan extention “.htm” atau “.html”.
Untuk mulai belajar HTML kita akan menggunakan Texs Editor, Notepad. Di bawah ini adalah contoh suatu dokumen HTML yang sangat sederhana. Buka Notepad, silahkan mulai dengan mengetikkan (copy/paste) kode di bawah ini:

<html>
<head>
<title>Titel Websiteku</title>
</head>
<body>
Ini adalah dokumen HTML pertamaku
</body>
</html>

Simpan file tersebut ke C:\My Documents dengan nama “websiteku.htm.” Ketika menyimpan file tersebut dengan Notepad ganti “save as type”-nya dengan “all files”. Kemudian buka browser, dari menu File klik Open dan tujukan ke C:\My Documents\websiteku.htm “klik Ok” maka halaman website pertama anda akan ditampilkan.
*Lakukan hal yang sama untuk contoh-contoh selanjutnya.
Perintah didalam dokumen HTML terdiri dari berbagai struktur penyusun seperti tag, elemen, atribut dan nilai. Tag terdiri dari lambang-lambang khusus seperti: ” <“, ” >” dan “/”, untuk menuliskannya di dalam dokumen HTML dimulai dengan tag pembuka ” <…>”dan diakhiri dengan tag penutup ” </…>”. Kemudian di dalam tag tersebut terdapat teks seperti contoh diatas :html, head, title,body dan yang lainnya ini disebut dengan Elemen HTML.
Elemen HTML kemudian ada yang memiliki atribut dan nilai tertentu, seperti contoh untuk membuat warna latar belakang (background): <body bgcolor=”0000ff”>, body merupakan elemen, bgcolor adalah atribut dan 0000ff merupakan nilai (value).
Elemen HTML mempunyai tiga hal penting yaitu: tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh: Elemen html mempunyai tag pembuka ” <html>” dan tag penutup ” </html>” dan yang berada diantaranya merupakan isi atau konten dari elemen html tersebut. Untuk menuliskan Elemen HTML bisa menggunakan huruf besar maupun huruf kecil. Contoh: <HTML>, <HtMl>, <HTml>, <html>, semuanya adalah sama.

Tag Dasar HTML

 

Komponen dasar dari suatu dokumen HTML terdiri dari tag elemen HTML, HEAD dan BODY. Berikut ini adalah penjelasan dari Tag Elemen tersebut:

<html>
<head>
<title>Disini titel websiteku</title>
</head>
<body>
Disini adalah konten yang tampil di browser
</body>
</html>

Tag pertama pada dokumen HTML diatas adalah: ” <html>” tag ini merupakan awal dari suatu dokumen HTML, dan tag ” </html>” merupakan akhir dari dokumen HTML. Isi keseluruhan dari suatu dokumen HTML selalu berada diantara tag <html>…</html>.
Kemudian tag ” <head>…</head>” (header) adalah informasi dari dokumen HTML. Informasi di dalam header meliputi: title, meta, style, script dll. Selain Title informasi di dalam header ini nantinya tidak akan di tampilkan di web browser.
Tag berikutnya adalah ” <title>…</title>” merupakan bagian dari Head, tag ini adalah sebagai Titel dari dokumen HTML, titel ini akan tampil di titel dan tab browser. Sebagai contoh sewaktu anda membuka file contoh diatas perhatikan akan muncul tulisan “Disini titel websiteku”.
Tag “<body>…</body>” merupakan isi dari suatu dokumen HTML yang akan ditampilkan di web browser, yang terdiri dari berbagai macam format file berupa teks, grafik, link, animasi maupun audio-video (multimedia).

Format Font HTML

 

Tag HTML untuk font adalah <font>…</font>, dengan tag ini kita bisa menentukan jenis font (face), warna (color), dan ukuran (size), untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan contoh berikut ini:


<html>
<head></head>
<body>
Untuk membuat jenis font (face):
<h1><font face="Verdana">Judul dengan font Verdana</font></h1>
<p><font face="Times">Konten dengan font Times</font></p>
Untuk membuat ukuran (size):
<h1><font size="5">Judul dengan size 5</font></h1>
<p><font size="3">Konten dengan size 3</font></p>
Untuk membuat warna font (color):
<h1><font color="blue">Judul dengan warna biru</font></h1>
<p><font color="red">Konten dengan warna merah</font></p>
Contoh komplit untuk membuat jenis font (face),size dan color:
<h1><font face="Verdana" size="4" color="green">
Judulnya Tentang Font</font></h1>
<p><font face="Arial" size="3" color="#660000">Ini adalah contoh tulisan
 dengan <i>pengaturan font</i> yang menggunakan<br> tag HTML elemen
<b>font</b> dengan atribut face, size dan color...</font></p>
</body>
</html>

Berikut adalah sebagai referensi bagi anda untuk memanipulasi atribut face, color dan size:
Atribut
face=”Jenis font yang digunakan”, contoh: face=”Tahoma”
size=”Ukuran dari font (1-7)”, contoh: size=”3″
size=”Memperbesar ukuran font”, contoh: size=”+1″
size=”Memperkecil ukuran font”, contoh: size=”-1″
color=”Warna dari font”, contoh: color=”blue”
color=”Warna dari font”, contoh: color=”#FF0000″
Sesuai dengan recomendasi dari World Web Consortium (W3C), Untuk HTML 4.0 keatas, tag <font> tidak dipergunakan lagi, sebagai gantinya dibuat tag <style> atau disebut dengan Cassading Style Sheets (CSS). Dengan CSS penggunaannya akan lebih kompleks dan lebih luas lagi karena dapat dikombinasikan dengan tag elemen-elemen lainnya di dalam dokumen HTML. Berikut adalah contoh penggunaan tag style sheets:

<html>
<head></head>
<body>
Untuk membuat jenis font (face):
<h1 style="font-family:verdana">Judul Menggunakan font verdana</h1>
<p style="font-family:tahoma">Konten menggunakan font tahoma</p>
Untuk membuat ukuran (size):
<h1 style="font-size:150%">Judul dengan ukuran 150%</h1>
<p style="font-size:80%">Konten dengan ukuran 80%</p>
Untuk membuat warna font (color):
<h1 style="color:blue">Judul dengan warna Biru</h1>
<p style="color:red">Konten dengan warna merah</p>
Contoh komplit untuk membuat jenis font (face),size dan color:
<p style="font-family:verdana;font-size:80%;color:green">
Ini adalah contoh tulisan pengaturan font dengan 
<i>Cassading Style Sheets</i> (CSS) yang<br> menggunakan tag HTML elemen
<b>style:</b> 
font-family, font-size dan color...</p>
</body>
</html>
 

Sumber :
http://buatwebhtml.blogspot.co.id/2013/03/buat-web-dengan-notepad.html

 

artikel lainnya Membuat WEBSITE dengan NOTEPAD ternyata Mudah…

Rabu 12 Oktober 2016 | Artikel, SEO

Siapa sih yang tidak ingin punya toko online dengan penjualan maksimal ? Banyak cara yang harus…

Kamis 22 September 2016 | Artikel

Bisnis.com, JAKARTA—Yogyakarta menjadi pilihan bagi industri start-up nasional, di mana kota tersebut menjadi tempat lahirnya 190…

Kamis 22 September 2016 | Artikel

Entrepreneur Malas Membuat Perencanaan – Kita mengetahui bahwa sebuah startup bisnis sangat bergantung pada sisi ekonomi,…

Selasa 24 Januari 2017 | Artikel

Berpikir Jangka Panjang Search Engine Optimization bukanlah program ‘cepat kaya’, juga bukan aktivitas jangka pendek yang…

Perum Legok Permai Blok F1/J4 Tangerang
0877 8513 1314
0877 8513 1314
0877 8513 1314
admin@rajaweb.net